14 Jun 2011

Pelanggaran Dalam Permainan Billiard


Scratch atau Cue Ball Keluar dari Meja Permainan
Jika cue Ball (bola putih) masuk ke dalam kantong meja atau keluar dari meja permainan, maka hal ini dinyatakan sebagai pelanggaran atau foul.

Kesalahan dalam memukul bola warna/bola sasaran.
Bola sasaran harus dipukul secara berurutan ataupun sesuai dengan peraturan dalam jenis permainan yang sedang dimainkan (eight ball, 14.1, rotation, dsb), apabila tidak memukul bola yang seharusnya, maka pukulan tersebut dinyatakan sebagai pelanggaran.

Salah satu bola tidak mengenai ban/cushion/rail, atau bola lain.
Apabila setelah bola putih melakukan kontak dengan bola sasaran, salah satu dari kedua bola tersebut harus menyentuh ban/cushion/rail ataupun salah satu dari bola sasaran yang lain yang ada diatas meja. Apabila syarat diatas tidak terpenuhi, maka pukulan tersebut dinyatakan sebagai pelanggaran.

Kaki tidak menyentuh lantai pada saat memukul.
Saat tip (ujung stick) menyentuh bola putih, salah satu dari kaki pemain yang memukul harus menyentuh lantai (tidak duduk di atas meja), apabila salah satu dari kaki pemain yang memukul tidak menyentuh lantai pada saat memukul, maka dianggap sebagai pelanggaran.

Bola keluar dari meja permainan.
Apabila pemain memukul bola dan salah satu bola melompat dan keluar dari meja permainan, maka dinyatakan sebagai pelanggaran.

Menyentuh bola.
Yang dimaksudkan adala salah satu dari anggota tubuh pemain yang memukul, maupun pakaian, rambut, dan segala yang dikenakan oleh pemain pemukul menyentuh baik bola puti maupun bola berwarna, dianggap sebagai pelanggaran.

Double Hit/ dua kali kontak.
Apabila saat memukul, tip (ujung stick) mengenai bola putih lebih dari satu kali, maka dianggap sebagai pelanggaran.

Bola masih bergerak.
Dinyatakan sebagai pelanggaran apabila saat pemain memukul bola, bola putih atau bola warna masih ada yang bergerak diatas meja saat pukulan di eksekusi.

Stick diatas meja.
Apabila pemain menaruh stick di atas meja permainan dan tidak ada salah satu dari tangan pemain yang menyentuh stick tersebut, maka dinyatakan sebagai pelanggaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar